Minggu, 30 September 2018

Menurunnya Interaksi Sosial Generasi “Z”



“Generasi Z ? Apa sih Generasi Z?” Mungkin banyak yang bertanya-tanya apa itu “Generasi Z”, Generasi Z adalah orang-orang yang lahir pada perkembangan tahun 1995-2010 dimana sudah munculnya berbagai macam teknologi yang membantu kehidupan sehari-hari. Tetapi adakah pengaruh dari teknologi tersebut terhadap interaksi sosial terhadap lingkungan?
“Generasi Z” ini tidak pernah luput dengan sentuhan teknologi seperti smartphone. Tidak bisa dipungkiri smartphone halnya makanan pokok yang tak bisa lepas dari benak seseorang, tidak hanya orangtua anak-anak pun sudah mengenal yang namanya smartphone. 
Pengaruh smartphone dengan mudah mengakses sosial media hal ini menjadi pemicu menurunnya interaksi sosial secara langsung. Alat teknologi memang mempermudah kegiatan manusia namun menurunkan interaksi yang telah ada sejak zaman nenek moyang kita. Contoh kecilnya dalam kondisi sedang berkumpul terjadi ketimpangan sosial. Anda mungkin pernah berkumpul bersama teman-teman namun mereka malah sibuk dengan smartphonenya masing-masing.

Hal tersebut bisa kita atasi dengan cara          :
            1.     Meluangkan Waktu Bersama Keluarga
Keluarga menjadi faktor paling penting dalam mengawasi anak-anaknya dalam berinteraksi sosial untuk bisa membatasi cara penggunaan alat teknologi saat ini.
2.      Melakukan Kegiatan Sosial
Dengan adanya kegiatan sosial kita dapat menjaga interaksi yang telah ada sehingga tidak pernah luntur adat nenek moyang kita untuk menjaga tali silaturahmi secara verbal.
3.      Mengatur Waktu
Ahli dalam teknologi boleh tapi jangan sampai termakan oleh pengaruh teknologi yang membuat kita lupa waktu bahwa interaksi sosial secara langsung jauh lebih penting. Dengan itu harus bisa mengatur waktu lebih baik.

Melalui media ini mereka jadi lebih bebas berekspresi dengan apa yang dirasa dan dipikir secara spontan. Jangan sampai “Generasi Z” menjadi candu untuk kehidupan karena interaksi sosial yang menurun.

14 komentar:

  1. Generasi z? Aku ga tau tapi sudah membaca artikel ini jadi tau hehee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya generasi z, mungkin orang lebih akrab dengan sebutan generasi zaman now

      Hapus
  2. Wah aku baru tahu apa itu "Generasi Z" :( dan fakta-fakta "Generasi Z" memang benar adanya,mari kita kurangi kebiasaan buruk generasi kita! Terimakasih,sangat bermanfaat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdullilah kaka semoga kita bisa memanfaatkan tekonologi sebaik mungkin yaa

      Hapus
  3. baru tauu juga apa itu generasi z :(

    BalasHapus
  4. Menambah pengetahuan,terimakasih infonya

    BalasHapus
  5. Hahahah generasi z 😆 makasih yaaa jadi tau juga nih

    BalasHapus
  6. Terimaksh infonya sangat bermanfaat

    BalasHapus
  7. Akuteayangwaktuitu1 Oktober 2018 pukul 20.57

    Sebagai generasi milenial,kita harus bisa membuat perubahan besar terhadap bangsa ini,terima kasih kaka

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadilah generasi yang mengharumkan bangsa

      Hapus