Sabtu, 29 September 2018

Mau Treatment Sulam Alis? Pikirkan Dulu Efek Sampingnya


Alis yang rapih & sesuai dengan bentuk wajah dapat menunjang penampilan kita. Menggambar alis adalah aktivitas rutin para wanita yang sangat memperhatikan penampilannya. Beberapa tahun terakhir, ada solusi treatment sulam alis untuk kamu yang malas atau tidak mahir dalam menggambar alis. Namun sebelum memutuskan untuk menggambar alis, kamu harus perhatikan 5 efek samping yang mungkin saja kamu alami baik selama dan setelah menjalani treatment sulam alis.

Serba Serbi Sulam Alis

Beberapa tahun ini, sulam alis menjadi salah satu trend kecantikan yang digemari para wanita. Sulam alis menawarkan kemudahan, karena alis kamu akan digambar dengan menggunakan pena yang ujungnya berbentuk silet kecil dan bertinta. Tinta bersifat permanen selama beberapa tahun dan kamu tidak perlu lagi untuk menggambar alis setiap kali berdandan. 


Lalu apa bedanya sulam alis dengan tatto alis?
  • Tatto alis :
  1. Bulu alis dicukur habis 
  2. Tinta menembus ke lapisan kulit ke 4
  3. Bentuk yang dihasilkan kaku, karena menggunakan teknik blocking ( seperti mewarnai gambar dengan menggunakan crayon)
  4. menggunakan jarum runcing (mesin bermotor)
  • Sulam alis :
  1. Bulu alis tidak dicukur habis, namun hanya di rapihkan saja sesuai bentuk yang diinginkan
  2. Warna bersifat semi permanen
  3. Tinta menembus lapisan ke 2 kulit
  4. Bentuk yang dihasilkan natural seperti bulu alis, bulu di gambar satu persatu hingga sesuai dengan bentuk alis yang diinginkan. 
  5. Menggunakan pena dengan ujung seperti silet yang di goreskan pada alis

    Proses yang Menyakitkan

    Penggambaran dilakukan dengan membuat sayatan tipis dengan menggunakan pen dengan ujung pisau kecil yang sudah diolesi tinta. Dalam standart melakukan sulam alis, memang akan di berikan anestesi untuk memberikan rasa kebal  pemberian krim anestesi juga harus dilakukan oleh profesional yang sudah mendapatkan pelatihan sebelumnya tentang pengetahuan anestesi.


    Meskipun sudah diberi krim anestesi namun pada beberapa orang, tetap dapat merasakan sakit. Nah! kebayang kan apa jadinya kalau kamu melakukan sulam alis sembarangan? Mungkin saja krim anestesi yang diberikan tidak cukup untuk membuat kulit kamu kebal atau bahkan kamu tidak diberikan krim anestesi sama sekali. Sebaiknya proses sulam alis jangan dilakukan saat kamu sedang mengalami menstruasi karena kulit menjadi sangat sensitif.

    Merusak Kulit Epidermis



    Seperti yang telah dijelaskan, tinta pada sulam alis menembus lapisan ke 2 pada kulit, memang tidak separah tatto yang menembus lapisan ke 4 kulit, tapi tetap saja ada benda asing yang masuk ke dalam pori-pori kulit. 

    Sulam alis menggunakan pen yang pada ujungnya terdapat pisau kecil dari logam, dengan proses sulam alis yang menggambar dengan membuat sayatan/goresan pada kulit yang dapat merusak lapiran epidermis kulit. Efek samping lain yang timbul adalah sayatan yang di lakukan beresiko merusak saraf kulit sehingga menyebabkan peredaran darah menjadi tidak lancar. 

    Pertumbuhan Rambut Menjadi Alis Terganggu


    Lapisan epidermis kulit yang terluka akibat sayatan jarum sulam akan mempengaruhi kondisi rambut alis & akarnya. Lama-lama rambut alis akan rontok, meskipun tidak menjadikan alis kamu menjadi botak, namun pertumbuhan rambut alis akan terganggu. Rambut alis tidak akan tumbuh subur seperti sebelum melakukan treatment sulam alis. 


    Bisa Menyebabkan Iritasi pada Kulit Sensitif



    Kamu yang memiliki kulit sensitif tidak disarankan melakukan treatment sulam alis. Kulit sensitif bisanya akan mudah bereaksi terhadap luka goresan & benda asing yang masuk ke dalam lapisan kulit. Reaksi iritasi berbeda-beda pada setiap orang, pada umumnya akna muncul bercak merah pada daerah yang di sulam, bengkak, rasa panas & perih. 

    Tinta yang baik pada sulam alis adalah yang berasal dari sari tumbuhan, kenali keadaan kulit kamu apakah termasuk kulit sensitif atau kulit normal & tanyakan jenis tinta apa yang digunakan oleh jasa penyulam alis kamu. Konsultasikan kepada jasa penyulam alis & beritahu jika kamu memiliki kondisi kulit sensitif untuk menghindari kejadian yang tidak diinginkan. 


    Ketergantungan Pada Sulam Alis



    Biasanya tinta sulam alis akan bertahan 1-3 tahun, setelahnya alis akan memudar. Bulu alis yang sudah di sulam tidak akan tumbuh normal seperti sedia kala karena ada kerusakan pada lapisan epidermis kulit.

    Warna alis yang memudar membuat wanita tidak percaya diri dan melakukan sulam alis lagi. Hal ini akan terjadi berulang-ulang dan pada akhirnya timbunan zat kimia pada alis kamu akan semakin banyak. Sampai saat ini belum diketahui apa efek samping dari menggunakan tinta sulam alis dalam jangka panjang.
referensi : http://beautynesia.id/9314

29 komentar:

  1. Menambah wawasan makasihh sisnaa

    BalasHapus
  2. kalau yg alis nya udah tebel bisa di sulam tidak?:(

    BalasHapus
  3. Ternyata efeknya ngeri sekali ya, terimakasih sudah memberitahu

    BalasHapus
  4. Memang gak dianjurkan mencukur alis ternyata memang ada efeknya.. Ntap jdi tauu

    BalasHapus
  5. Aduh ngeriii banget ya, terimakasih infonyaa jadi saya tau

    BalasHapus
  6. Dari semua dampak itu, apakah sulam alis bisa menyebabkan kanker

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin bisa jadi karna itu merusak kulit epidermis

      Hapus
  7. Ngeri:( untung ga pernah sulam alis๐Ÿ˜

    BalasHapus
  8. Kok ngeri ya YaAllah :( hati2 ya temen2

    BalasHapus
  9. Pake alis aja ga bisa apa lagi sulam huhuuuuu

    BalasHapus
  10. Wow, bahaya bgt yaa. Alhamdulillah dikasih alis yg cukup tebal

    BalasHapus
  11. Wow, bahaya bgt yaa. Alhamdulillah dikasih alis yg cukup tebal

    BalasHapus
  12. Wow, bahaya bgt yaa. Alhamdulillah dikasih alis yg cukup tebal

    BalasHapus
  13. wahhh, untung alis aku tumbuh lebat๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  14. Informasinya bagus baget, terimakasih

    BalasHapus
  15. Selain dilarang oleh agama,memang ada ya efek samping dari kesehatan pun. Terimakasih infonya!

    BalasHapus
  16. Terimakasih infonya,๐Ÿ‘Œ

    BalasHapus
  17. Aduh ngeri banget liatnya ;(. Makasih infonya ๐Ÿ‘

    BalasHapus
  18. Efeknya ngeri:( terimakasih infonya sisna

    BalasHapus
  19. Lebih baik cantik natural yaa kan kalo dibuat buat ada efeknya huhu

    BalasHapus